VCO; Dari Kelapa Yang Luar Biasa

VCO; Dari Kelapa Yang Luar Biasa

Endah Sulistiowati
Dir. Muslimah Voice

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Pembuatan minyak kelapa murni ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:

tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah

pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit, serta

penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

VCO ini bermanfaat untuk keesehatan dan kecantikan. Dalam bidang kesehatan VCO bermanfaat untuk :

Mencegah penyakit jantung

Kandungan lemak jenuh alami yang ada di dalam VCO dapat berfungsi meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, manfaat VCO lainnya juga mengolah kolesterol jahat (LDL) menjadi kolesterol baik.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan asam laurat atau monolaurin yang terdapat pada virgin coconut oil berguna untuk melawan bakteri, mengurangi jamur, dan virus. Kamu bisa mengonsumsi minyak ini sebanyak 3 kali sehari saat sakit untuk meningkatkan imunitas tubuh kamu.

Antioksidan yang baik

Polifenol yang terkandung dalam VCO berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah terjadinya aterosklerosis. 

Aterosklerosis adalah pengerasan dinding pembuluh darah akibat menumpuknya plak lemak pada dinding pembuluh darah. Penumpukan ini menyebabkan risiko penyakit jantung.

Menurunkan berat badan

Buat kamu yang sedang menjalankan diet, sebaiknya kamu coba mengonsumsi virgin coconut oil ini. VCO memiliki manfaat untuk menahan nafsu makan karena membuat kita merasakan kenyang yang lebih lama. 

Selain itu, VCO dapat meningkatkan pembentukan energi dengan cara membakar kalori lebih banyak.

Mencegah kerusakan gigi

Virgin coconut oil juga ampuh dalam membasmi bakteri di dalam mulut. Kamu bisa menggunakannya dengan cara berkumur atau mengoleskan minyak ini di sekitar gigi dan mulut. 

Melancarkan sistem pencernaan

Minyak kelapa murni ini dipercaya dapat menangani berbagai masalah pencernaan seperti konstipasi. Minyak ini mampu melawan bakteri tidak sehat pada sistem pencernaan serta membantu penyerapan nutrisi pada tubuh.

Mengatasi penyakit diabetes

Jika kamu mengonsumsi VCO ini dapat mengontrol kadar gula darah karena meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Ketika sel-sel resisten insulin, pankreas terus memompa lebih banyak insulin dan menciptakan kelebihan dalam tubuh.

Meningkatkan fungsi otak

Kandungan asam lemak yang ada pada virgin coconut oil mampu meningkatkan memori pada lansia. Peningkatan kemampuan mengingat juga dialami oleh semua pasien yang mengonsumsi asam lemak pada virgin coconut oil. 

VCO saat ini sudah di produksi secara masal, baik oleh home industri maupun pabrik. Sahabat tinggal mau yang mana, seperti VCO by Magandi yang murni hand made, atau by mesin.

enliseksus0@gmail.com