UJIAN BENCANA YANG TERJADI KEPADA SAUDARA MUSLIM SEJATINYA UJIAN BAGI SAUDARA MUSLIM LAINNYA

UJIAN BENCANA YANG TERJADI KEPADA SAUDARA MUSLIM SEJATINYA UJIAN BAGI SAUDARA MUSLIM LAINNYA

Healthy-sharia.com – Ikatan persaudaraan yang tinggi dan kuat adalah ikatan persaudaraan yang dibangun diatas landasan pondasi Aqidah Islam. Ikatan aqidah menghantarkan individu muslim memiliki pemikiran tinggi dan mulia, yakni kesadaran kedudukan atas dirinya sebagai mahluk bagi Sang Pencipta. Pemikiran yang tinggi serta mulia akan menghantarkan perasaan individu seorang muslim kepada rasa suka dan tidak suka disandarkan kepada suka dan tidak sukanya Allaah dan RasulNya.

Keselarasan pemikiran dan perasaannya yang telah terbentuk atas dasar aqidah Islam mendorong seorang muslim akan bersikap mengikuti syareat yang telah dituntunkan oleh Allaah dan RasulNya.

Demikian halnya keterikatan sorang muslim dalam hubungannya dengan saudara satu aqidah, hatinya terpaut kepada saudaranya atas landasan aqidah Islam. Pemikiran dan perasaannya memunculkan sikap peduli pada saat saudaranya mengalami permasalahan. Pemikiran dan perasaannya terketuk untuk mengambil peran untuk membantu meringankan beban hidup yang sedang dialami oleh saudarnya.

Pemahaman yang benar terkait ikatan kuat yang dibangun atas landasan aqidah Islam, menjadikan seorang Muslim mampu meminggirkan ikatan yang lemah, subyektif dan bersifat temporer, seperti halnya ikatan persaudaraan yang dibangun atas ikatan nasionalisme, ikatan kesukuan, ikatan kekeluargaan, dan ikatan yang dibangun atas dasar azaz manfaat.

Rasulullah SAW telah menuntun kepada umatnya bagaimana kuatanya ikatan ukhuwah Islamiyah yang dibangun atas dasar Aqidah Islam.

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى (رَوَاهُ مُسْلِمٌ).

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam”. (HR. Muslim).

Sahabatku yang dirakhmati Allaah, saat ini bukti kecintaan kita kepada saudara kita tampaknya sedang diuji oleh Allah Subkhanahu Watta’alla, apakah kita mau mengambil bagian menjadi pribadi Muslim yang mencitai saudaranya yang sedang mengalami kesulitan hidup, megalami kesakitan, mengalami permasalahan kebutuhan hajat hidup yang disebabkan meraka sedang mendapatkan ujian dari Allaah, yakni ujian bencana alam yang terjadi dibebrapa wilayah tanah air.

Sahabatku ujian yang sedang alami oleh saudara kita saat ini sejatinya adalah ujian juga bagi kita. Allaah Subkhanahu Watta’alla sedang menguji sejauh mana tingkat kepedulian kita sesama muslim bagi saudara muslim yang laiinnya. Karenanya bagi siapa yang mau menolong saudaranya atas niatan semata berharap ridhoNYA, Allaah Subkhanahu Watta’alla pun telah menjanjikan pertolongan bagi setiap muslim yang dengan keimanannya tergerak untuk menolong saudaranya.

Rasulullah Shallallahu Allaihi Wassalam bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمـِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فيِ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ).

“Siapa yang menyelesaikan problem seorang mukmin di Dunia maka Allah SWT. akan menyelesaikan problemnya di Akhirat, siapa yang memudahkan orang yang kesulitan maka Allah SWT. akan memberikan kemudahan kepadanya di Dunia dan Akhirat, siapa yang menutupi aib saudaranya se-iman maka Allah SWT. akan menutupi aibnya di Dunia dan Akhirat, dan Allah SWT. senantiasa akan menolong hambanya selama ia menolong saudaranya”. (HR. Muslim).

Kami dari MTR CARE PUSAT mengetuk dan mengajak sahabat MTR untuk bersegera ambil bagian dalam program “DONASI MTR CARE BENCANA ALAM SULAWESI BARAT, KALIMANTAN SELATAN DAN DAERAH LAIN DI TANAH AIR”

Silahkan salurkan donasi anda ke REKENING Bank SYARIAH MANDIRI NO. (451) 945 945 945 3 an. MAKHJUDIN ZAIN

Informasi dan Konfirmasi :
▪️0813 5919 1624
▪️0858 7617 5154

Jazakumullaah Khayran Katsiran