Temu Mangga si Anti Kanker

Kiri temu mangga instan, kanan rimpang temu mangga

Temu Mangga si Anti Kanker

Endah Sulistiowati
Dir. Muslimah Voice

Temu mangga adalah salah satu tanaman rimpang yang tumbuh subur di Indonesia. Temu mangga juga mudah dikenali dari aroma daging rimpangnya yang khas menyerupai aroma buah mangga kweni yang harum dan segar. Rasanya cukup getir, sedikit lebih tajam dari getir khas kunyit kuning. Rimpang tampak beruas, sekilas memang mirip jahe, namun jika diiris warnanya kuning pucat dengan bagian tengah cenderung berwarna kuning segar.

Temu mangga memang tidak digunakan sebagai jenis bumbu masakan sebagaimana kunyit atau jahe. Itu sebabnya rimpang ini tak banyak diketahui orang. Temu mangga lebih sering digunakan sebagai bahan obat tradisional dan sudah dikenal sebagai herbal berkhasiat sejak lama.

Temu mangga famili Zingiberaceae merupakan tanaman asli daerah Indo-malesian, tersebar dari Indo-China, Taiwan, Thailand, Pasifik hingga Australia Utara. (Wikipedia)

Nama ilmiah: Curcuma amada

Klasifikasi lebih tinggi: Curcuma

Tingkatan takson: Spesies

Spesies: C. amada

Dalam sebuah buku karya James A. Duke dengan bukunya yang berjudul Phytochemical Constituents of Grass Herbs and Other Economic Plants, bahwa dalam rimpang temu mangga ditemukan sejumlah senyawa kimia penting yang membuatnya kaya khasiat. Beberapa senyawa penting dalam temu mangga tersebut antara lain tannin, flavonoid, atsiri, sesquiterpen, saponin dan kurkumin.

Temu mangga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, diantarnya dimanfaatkan untuk:

(1) Menyembuhkan Peradangan.

Tannin adalah sejenis senyawa penting anti inflamasi yang membantu proses penyembuhan segala jenis peradangan. Ini yang adalah rahasia dibalik manfaat temu mangga untuk mengatasi radang pada lambung, bronkitis, keputihan, mengatasi luka terbuka, dan peradangan bawah kulit termasuk lebam serta gatal-gatal. Dalam pengobatan tradisional, abu dari temu mangga sudah lama dikenal sangat baik untuk pengobatan luka terbuka.

(2) Anti Oksidan

Flavonoid dalam temu mangga relatif tinggi sehingga efektif sebagai antioksidan. Bekerja sama dengan saponin dalam temu mangga yang penting dalam proses regenerasi sel, sehingga baik untuk membantu penyembuhan luka, infeksi, peradangan, serta efektif meningkatkan antigen yang mencegah pertumbuhan pra kanker.

(3) Mencegah Kanker

Bicara soal manfaat temu mangga dalam mencegah kanker, dalam sebuah riset yang dikembangkan oleh American Institute Cancer Reports, ditemukan senyawa RIP (Ribosome Inacting Protein) yang berkhasiat menghambat pertumbuhan sel abnormal termasuk pembentukan kista, miom, polip, pra kanker, serta kanker.

(4) Meredakan Gangguan Perut

Termasuk manfaat dari atsiri sebagai anti radang dan antihistamin yang baik untuk mengatasi alergi, infeksi, dan peradangan. Atsiri juga memberi efek hangat yang baik untuk meredakan masuk angina, kembung, mual, dan baik pula sebagai anti-diare.

(5) Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan kurkumin memberi efek positif terhadap kesehatan hati dan meningkatkan selera makan. Kandungan ini juga membantu meningkatkan metabolisme dan mendorong organ hati untuk memproses lebih banyak lemak sehingga dapat menekan pembentukan cadangan lemak dalam tubuh.

Itulah beberapa kandungan temu mangga yang sangat berguna dalam kesehatan. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi penulis.

email enliseksus0@gmail.com

WA 082336706559