Tantangan Kesehatan Kaum Milenial

google serch

Tantangan Kesehatan Kaum Milenial

Endah Sulistiowati

Kaum milenial biasa digunakan untuk menyebut para kaum muda Indonesia. Sebagaimana kaum muda di dunia lain, di Indonesia mereka menjadi bagian dari orang-orang yang anti ribet, ingin yang serba cepat, dan online.

Termasuk hal-hal yang berkaitan dengan asupan makanan dan minuman, kalau dituruti maunya yang serba instan. Sayangnya hal ini justru membawa pengaruh negatif khususnya pada kesehatan mereka.


Berdasarkan studi terbaru, generasi milenial memiliki tingkat kesadaran yang buruk terhadap kesehatan mereka. Dalam temuan dari Blue Cross Blue Shield Association (BCBSA) menunjukkan, bahwa semakin bertambahnya usia generasi milenial, kesehatan mereka semakin berkurang.

Laporan ini menetapkan 10 kondisi teratas yang mempengaruhi milenial, yaitu:

(1) Depresi mayor

(2) Gangguan penggunaan zat

(3) Gangguan penggunaan alkohol

(4) Hipertensi

(5) Hiperaktif

(6) Kondisi psikotik

(7) Penyakit Crohn dan kolitis ulserativa

(8) Kolesterol tinggi

(9) Gangguan penggunaan tembakau ( merokok )

(10) Diabetes tipe 2

Selain dari 10 kondisi diatas, banyak sekali masalah-masalah kesehatan yang sangat berbahaya yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan buruk atau masa bodoh para kaum milenial ini, salah satunya adalah Cancer
Cancer atau yang kita sebut Kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Nah, adakah tips khusus untuk para kaum milenial ini? Pasti ada dong, bukankah orang yang paling baik itu adalah yang berguna atau bermanfaat bagi orang lain.

Tips menjaga kesehatan untuk kaum milenial

(1) Berpikiran Positif. Ini sangat penting ya bagi kita. Apalagi saat pandemi global saat ini. Berfikir positif atas apa yang telah ditetapkan Sang Pencipta akan membuat kita bahagia dan membuat rizki kita lancar.

(2) Kendalikan Stress. Stress berkolerasi dengan kesehatan, jika kita mudah stress maka penyakit akan mudah hinggap dalam tubuh kita. Termasuk Corona, Corona mudah menjangkiti orang-orang yang stress. Jika ada masalah serahkan semua pada Allah. Pasti Allah akan tunjukkan jalan keluar, dan itu bisa datang dari mana saja.

(3) Kenali Bahasa Tubuh. Yang tahu apa yang diperlukan tubuh adalah kita sendiri. Penuhi hak tubuh kita, waktunya makan, minum, istirahat, tidur, buang hajat, dsb. Jangan pernah memforsirnya, karena tubuh punya kapasitasnya sendiri.

(4) Menjaga Pola Makan. Makan sesuai porsinya, tidak terlalu banyak, tidak terlalu kenyang. Seimbang kalori, protein, vitamin, dsb., yang diperlukan tubuh.

(5) Cukupi Kebutuhan Cairan. Minum 8 gelas sehari.

(6) Cukupi Kebutuhan Vitamin.

(7) Jaga kebersihan dan Higienitas.

(8) Olah Raga Secara Teratur.

(9) Hindari Kebiasaan Buruk. Seperti begadang, menunda-nunda makan, terlalu banyak duduk, malas gerak, makan fastfood yang berujung junkfood dsb.

(10) Suplementasi. Suplemen banyak dijual di Apotek maupun toko obat. Butuh suplemen yang lain dari pada yang lain bisa menghubungi penulis.

gibrie_cantika@yahoo.co.id/EndahSulis