Suhu Udara Panas, Jangan Lakukan Ini

ice formation

Suhu Udara Panas, Jangan Lakukan Ini

Healthy-sharia.com – Tercatat oleh BMKG, suhu udara di atas 36 derajat celsius di Bima, Sabu, dan Sumbawa pada 12 November 2020, dengan suhu tertinggi tercatat di Bandara Sultan Muhammad Salahudin, Bima, mencapai 37,2 derajat celsius.

Tentu saja hal ini dialami hampir seluruh masyarakat Indonesia. Peningkatan suhu ekstrim ini menyebabkan tubuh harus beradaptasi dengan lingkungan. Banyak masyarakat yang mengeluhkan pusing-pusing, badan meriang, dan tulang-tulang terasa sakit.

Yuk, kita telusuri kenapa di Indonesia terjadi perubahan suhu ekstrim?

Pada November, kedudukan semu gerak matahari adalah tepat di atas Pulau Jawa dalam perjalannya menuju posisi 23 lintang selatan setelah meninggalkan ekuator.
Posisi semu matahari di atas Pulau Jawa akan terjadi dua kali yaitu November dan April, sehingga puncak suhu maksimum mulai dari Jawa hingga NTT terjadi di seputar bulan-bulan tersebut.

Bertiupnya angin siklon tropis VAMCO dari Laut China Selatan yang menarik masa udara dan awan-awan sehingga menjauhi wilayah Indonesia bagian selatan sehingga cuaca cenderung menjadi lebih cerah dalam dua hari terakhir. Turut memperparah panasnya suhu udara di Indonesia.

Sehingga untuk menjaga kesehatan dan menghindari dari memburuknya kesehatan ada beberapa hal yang harus kita lakukan, yaitu:

1) Memperbanyak minum air putih, agar terhindar dari dehidrasi.

2) Jangan minum air dingin (air kulkas) atau air es.

3) Jika baru pulang dari manapun jangan langsung cuci muka ataupun cuci kaki. Biarkan tubuh menyesuaikan dengan suhu ruang terlebih dahulu.

4) Dalam kondisi ini, jaga suhu tubuh agar lebih tinggi. Bahaya ini tak hanya dari minum air es atau dingin. Bahaya ini dapat terjadi bahkan sekedar mencuci tangan/muka/ kaki. Sahabat tidak boleh menyiram atau menyeka bagian tubuh yg panas terkena sengatan terik, dengan air dingin, hal ini bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah mikro. Akibatnya bisa jatuh pingsan bahkan bisa terkena serangan stroke. Sahabat membutuhkan sekitar 30 menit untuk membuat tubuh menjadi dingin sesuai suhu dalam ruangan. Minumlah air hangat suam, 34-36 Celcius terlebih dahulu.

Semoga sahabat bisa melakukan sesuai tips diatas agar bisa sehat lebih lama. Jangan lupa seperti apa diri kita nanti, adalah apa yang diri kita lakukan hari ini. Salam bahagia.

(Endah Sulistiowati)