Secangkir Jahe Magandi

Secangkir Jahe Magandi

Eni Mu’ta

Healthy-sharia.com – Beberapa hari setiap ba’dha dhuhur hujan turun, kadang hingga malam. Paginya langit masih diselimuti mendung. Cuaca serasa tak bersahabat. Daya tahan tubuh ikut naik turun.

Di tengah pandemi yang belum reda, meski vaksin sudah ada bukan berarti bisa bebas beraktivitas. Tetap harus patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 5M. Mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas. Selain itu butuh tambahan suplemen agar daya tahan tubuh tak turun.

Wedang Jahe, sering saya jadikan sebagai penghangat badan. Apalagi di musim hujan yang dingin seperti sekarang. Dan ternyata jahe memiliki banyak manfaat. Dari referensi yang saya dapat, jahe bisa meningkatkan imunitas tubuh, sistem pencernaan, melawan peradangan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual. Hal tersebut bisa terjadi karena jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

Menariknya lagi, jahe merupakan salah satu tanaman yang disebut dalam al-Qur’an. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya jahe (zanjabil).” (Qs. al-Insan: 17)

Rasulullah SAW pernah mendapat hadiah dari Raja Romawi sekarung jahe. Beliau bagi-bagikan kepada umatnya satu potong untuk dimakan. Hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Nuaim.

Sejak ratusan tahun lalu di China, India, Timur Tengah, Pakistan, dan Eropa juga menggunakan jahe untuk pengobatan. Karena jahe termasuk bahan obat yang tergolong aman. Jadi, jahe memang khasiatnya tak diragukan.

Sekarang, buat wedang jahe gak perlu susah-susah geprek sana-sini. Dicampur dengan gula yang kadang kurang manis atau terlalu manis. Ada Magandi jahe instan. Tinggal tuan di gelas, sedu dengan air hangat. Pas rasanya, cepet bikinnya, dan jos khasiatnya.

Dingin-dingin, hangatkan tubuh dengan secangkir wedang jahe Magandi. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi wedang jahe Magandi. Insya Allah aman karena saya mengenal ownernya Mb Endah Ayu Tenan . Orangnya baik hati, tidak sombong dan insya Allah amanah.

Jombang, 19/01/2021

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=4026389224052616&id=100000447350453