Rahasia Bawang Merah

google search

Rahasia Bawang Merah

(Ensiklopedia Tanaman yang Disebut Dalam Al-Qur’an)

Endah Sulistiowati

Bawang merah menjadi salah satu bumbu favorit yang harus ada di dapur. Bawang merah hampir selalu ada sebagai penambah cita rasa masakan Indonesia, bahkan bawang merah menjadi bumbu utama. Selain untuk bumbu masakan irisan bawang merah mentah yang ditaburkan diatas sate ayam atau kambing akan menambah cita rasa. Hmmmmm.

Tumbuhan yang berbentuk umbi ini ternasuk ke dalam kelompok spesies Allium cepa.

Uniknya dari bawang merah ini, mampu membuat kita menangis saat mengirisnya. Mengapa? Menurut penelitian, pada saat diiris, ternyata sel-sel bawang merah pecah dan mengeuarkan enzim yang memproduksi gas yang disebut propanethial sulphoxide.

Irwin Goldman, Profesor ilmu perkebunan dari Universitas of Wisconsin-Madison menerangkan, reaksi kimia tersebut merupakan upaya tanaman bawang merah untuk mengusir hama. Sehingga ekstrak bawang merah ini bisa digunakan sebagai pestisida nabati. Masya Allah, luar biasa ciptaaan Allah ini ya.

Bawang merah juga termasuk tanaman yang istimewa, karena Allah menyebut namanya dalam Al-Qur’an. Allah Ta’ala berfirman dalam Surat Al-baqarah ayat 61, yang artinya :

“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu, mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu agar dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, mentimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya.” (TQS. Al-Baqarah 61)

Luar biasa kan, bawang merah ini sudah ada sejak jaman Fir’aun. Para tabib Mesir kuno juga menggunakan bawang merah ini untuk pengobatan. Bawang merah bisa digunakan sebagai obat untuk memperlancar air seni, memperbaiki gizi, dan menambah nafsu makan. Sekarang pun bawang merah masih sering digunakan untuk pengobatan. Untuk menurunkan demam, dengan menghancurkannya dan membalurkan ke seluruh tubuh.

Masya Allah, ternyata banyak sekali ilmu yang akan kita peroleh jika kita mau mentadaburi Al-Qur’an. Sehingga dengan mendapatkan ilmu baru membuat kita semakin semangat untuk terus belajar.

enliseksus0@gmail.com