Mentimun Segar Disebut dalam Al-Qur’an

Buah mentimun sangat terkenal disemua kalangan. Masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan sangat menyukainya, aroma dan rasanya yang segar menggiurkan lidah ketika beradu dengan sambal ditambah ayam atau ikan goreng. Sungguh menggugah selera.

Mentimun termasuk golongan buah yang masuk suku labu-labuan dengan nama latin Cucumis sativus. Buah mentimun secara umum memiliki bentuk bulat lonjong atau memanjang, memiliki warna hijau tua ketika muda dengan larik-larik kuning kehijauan. Semakin warnanya akan semakin pucat bahkan putih.

Para peneliti menemukan banyak sekali manfaat yang terkandung dalam mentimun. Hasil penelitian menyebutkan mentimun mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat. Selain itu, juga mengandung zat bermanfaat lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, dan vitamin C.

Selain itu dalam ilmu kesehatan kandungan air yang tinggi pada mentimun memeiliki efek memperlancar buang air kecil, membantu menghilangkan dan menetralkan racun, serta membuang bakter-bakteri disepanjang usus dan dinding kandung kemih. Bahkan, secara turun menurun makan buah mentimun bisa membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah.

Mentimun juga bisa digunakan dalam merawat kecantikan. Irisan mentimun dikompreskan pada mata saat terpejam, dapat membantu menghilangkan noda hitam pada kantung mata akibat kurang tidur. Nah, sifatnya yang dingin ini, maka jus mentimun bisa membantu menurunkan suhu tubuh saat demam.

Yang lebih keren lagi, buah mentimun ini adalah satu dari sekian banyak nama tanaman yang disebut dalam Al-Qur’an. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 61 Allah berfirman:

“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata “Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya.” (TQS. Al-Baqarah 61).

Semoga bermanfaat

Healthy-Sharia/endahsulis1234