Mengenal Tabaruj

Mengenal Tabaruj

Endah Sulistiowati

Menjadi cantik itu fitrah bagi setiap kaum Hawa. Namun kecantikan itu tidak untuk dipamerkan apalagi diobral, na’udzubillah. Memang ada ya, cantik diobral? Ada doong.

Sebagai muslimah ada batasan-batasan yang harus kita penuhi saat kita tampil cantik. Karena cantiknya seorang muslimah tidak melulu dengan mulusnya kulit bak porselin dengan warna kulit seputih salju.

Dalam Islam kita mengenal dengan istilah “tabaruj”. Apa itu tabaruj?

Kata tabarruj Allah sebutkan dalam al-Quran di surat al-Ahzab,

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

”Hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan seperti tabarruj orang-orang Jahiliyah yang dahulu…” (QS. Al-Ahzab: 33)

Al-Qurthubi menjelaskan makna at-tabarruj secara bahasa, beliau mengatakan,

وَالتَّبَرُّجُ: التَّكَشُّفُ وَالظُّهُورُ لِلْعُيُونِ، وَمِنْهُ: بُرُوجٌ مُشَيَّدَةٌ. وَبُرُوجُ السَّمَاءِ وَالْأَسْوَارِ، أَيْ لَا حَائِلَ دُونَهَا يَسْتُرُهَا

Tabarruj artinya menyingkap dan menampakkan diri sehingga terlihat pandangan mata. Contohnya kata: ’buruj musyayyadah’ (benteng tinggi yang kokoh), atau kata: ’buruj sama’ (bintang langit), artinya tidak penghalang apapun di bawahnya yang menutupinya. (Tafsir al-Qurthubi, 12/309).

Sementara makna tabbaruj seperti yang disebutkan dalam ayat, Ibnul Jauzi dalam tafsirnya menyebutkan dua keterangan ulama tentang makna tabarruj:

Pertama, Abu ubaidah,

التبرُّج: أن يُبْرِزن محاسنهن

“Tabarruj: wanita menampakkan kecantikannya (di depan lelaki yang bukan mahram).”

Kedua, keterangan az-Zajjaj,

التبرُّج: إِظهار الزِّينة وما يُستدعى به شهوةُ الرجل

“Tabarruj: menampakkan bagian yang indah (aurat) dan segala yang mengundang syahwat lelaki (non mahram).”

[Zadul Masir fi Ilmi at-Tafsir, 3/461].

Berdasarkan keterangan di atas maka segala upaya wanita menampakkan kecantikannya di depan lelaki lain yang bukan mahram, termasuk bentuk tabarruj yang dilarang dalam ayat di atas. Karena itu, memakai pakaian ketat, pakaian transparan, atau menutup sebagian aurat, namun aurat lainnya masih terbuka, atau obral make up ketika keluar rumah, semuanya termasuk bentuk tabarruj yang dilarang dalam syariat.

Setelah memahami makna tabaruj, maka para muslimah harus melongok ke dalam hati masing-masing. Ketika mereka ingin tampil cantik, dandan itu untuk apa dan untuk siapa.

Seorang muslimah adalah perhiasan dunia yang harus dijaga. Semua yang ada dalam dirinya adalah cantik dan indah. Untuk itulah Allah mengaruniakan pada para muslimah bagaimana memperlakukan tubuhnya. Termasuk berkerudung dan berjilbab saat keluar rumah, ketika bertemu laki-laki asing, termasuk masalah tabaruj ini. Karena itu setiap aktivias itu kembali lagi ke hukum dasar sebuah amal yaitu terikat dengan hukum syara’. Keep spirits Muslimah. Wallahu’alam.

enliseksus0@gmail.com