Mengenal Purging

google search

Mengenal Purging

Apakah teman-teman pernah mengalami kulit merah, muncul jerawat, atau bahkan kulit kering, bersisik dan mengelupas saat baru menggunakan kosmetik? Bahkan tidak sembuh sampai beberapa minggu? Menyiksa ya, mau keluar rumah malu, padahal harus tetap beraktivitas.

Tahukah teman-teman bahwa yang kita alami itu sering disebut purging dalam dunia kesehatan.

Secara medis, purging adalah sebuah kondisi yang timbul akibat penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki bahan seperti AHA, BHA  atau produk berjenis scrub, peeling, atau retinoid yang memang memiliki kemampuan penetrasi ke dalam kulit untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit.

Purging bertujuan untuk membersihkan pori-pori kulit wajah Anda yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati yang tertumpuk dan komedo. Sehingga hal ini menyebabkan munculnya jerawat yang semakin banyak dan terlihat parah.

Purging adalah proses penyesuaian kulit berupa ‘pembersihan’ sel kulit mati setelah kita menggunakan produk skin care tertentu. Dengan lepasnya sel kulit mati tersebut (turnover), diharapkan akan digantikan dengan sel kulit baru sehingga pada akhirnya kulit terlihat lebih baik dibandingkan sebelumnya.


Kita memang akan sedikit bersabar saat mengalami purging. Sebab, sebelum sel kulit baru dan sehat tersebut naik ke permukaan, zat lain seperti minyak akan muncul terlebih dahulu. Minyak tersebut bisa menyumbat pori-pori sehingga memunculkan jerawat.


Reaksi purging dapat memunculkan berbagai jenis jerawat, dan mungkin akan terlihat berbeda-beda bagi yg masing-masing orang. Misalnya, komedo terbuka (blackhead), komedo tertutup (whitehead), papula, pustula, hingga jerawat batu. Reaksi purging kadang juga dapat berupa pengelupasan kulit dan kulit kering.


Seperti yang disampaikan di atas, durasi terjadinya purging sebenarnya berbeda bagi tiap-tiap orang karena keunikan kulit masing-masing. Namun, secara umum, purging dapat berlangsung selama empat hingga enam minggu.

Apabila reaksi kulit wajah teman-teman tak kunjung hilang setelah lebih dari enam minggu, Anda bisa mengurangi penggunaan produk, atau berkonsultasi.


Kita tetap bisa menurunkan keparahan reaksi kulit karena purging. Apabila Anda menggunakan zat pemicu purging seperti asam eksfoliasi dan retinoid, gunakanlah produk tersebut secara bertahap.

Aplikasikan produk secara bertahap untuk minimalisir purging
Misalnya, dengan 2 kali dalam seminggu terlebih dahulu. Kemudian baru dinaikkan frekuensinya menjadi 3 kali dalam seminggu, dan seterusnya. Dengan begitu, kulit akan terbiasa dengan zat-zat aktif tersebut.

Memang purging umumnya terjadi selama 4-6 minggu. Hal ini disesuaikan dengan siklus pertumbuhan kulit setiap orang. Namun, apabila kondisi kulit ini masih terjadi selama lebih dari 6 minggu, teman-teman harus waspada dan segeralah hentikan penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang biasa digunakan atau segera berkonsultasi dengan dokter terdekat.

www.healthy-sharia.com/Endah Sulistiowati

(Dirangkum dari berbagai sumber)