Mengenal Buah Delima Dari Al-Qur’an

Mengenal Buah Delima Dari Al-Qur’an

Endah Sulistiowati

Sahabat, percayakan bahwa delima adalah buah istimewa yang kaya akan manfaat. Delima juga dikenal dengan nama pome, dalam bahasa Arab disebut buah Ruum. Buah Delima termasuk ke dalam salah satu buah spesial dari Allah. Allah Subhanahu wa Ta’ala memujinya dalam Al-Qur’an. Waaoow. Keren kan?

Buah delima ada tiga macam lho sahabat. Ada delima putih, delima merah, dan delima ungu. Buah ini berasal dari Timur Tengah, namun bukan berarti di Indonesia tidak tumbuh lho. Meskipun masih jarang yang membudidayakan, sudah lama buah delima ini hidup di Indonesia.

Kulit buahnya halus, berbentuk bulat dan dibagian bawah ada mahkota yang unik menjadi cirri khas buah ini. Jika dibelah, terdapat banyak biji mungil berwarna kemerahan, putih, ataupun ungu sesuai jenisnya. Jika dinikmati, ada sensasi rasa asam-asam manis yang segar, sehingga membangkitkan selera saat dinikmati dalam cuaca yang panas.

Keistimewaan buah delima bisa dilihat di dalam Al-Qur’an surat Ar-Rahman ayat 68. Di sana Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebut buah delima sebagai salah satu buah di surga. Bersyukurlah sahabat, jika sudah pernah merasakan buah surga ini.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima.” (TQS. Ar-Rahman 68)

Bagaimana cara menikmati buah delima?

Selain dimakan secara langsung, buah delima segar bisa dinikmati dinikmati sebagai campuran rujak buah, salad buah, dan jus delima. Di beberapa wilayah ada yang mengolah delima menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat. Seperti sirup delima.

Oya, Allah Subhanahu wa Ta’ala juga menyebut buah delima ini di dalam surat Al-An’am ayat 99. Allah menyebut buah delima setelah buah zaitun, anggur, dan kurma.


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan perhatikan pulalah kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang berfirman.”

Para peneliti menyebutkan bahwa buah delima kaya akan zat antioksidan. Kandungan antioksidan adalah …. Kandungan antioksidan yang dimiliki buah delima jumlahnya tiga kali lebih banyak daripada teh hijau lho. Sari buah delima memiliki banyak khasiat. Sari buah delima mempunyai kandungan ion kalium (potasium), vitamin A, C, dan E, serta asam folic. Kandungan ini terbukti sangat penting untuk kesehatan jantung.

Masya Allah, luar biasa kan kandungan dari delima ini. Apalagi delima ini buah surga, hmmm. Semoga pengetahuan bisa menambah keimanan dan kecintaan kita kepada Allah dan Rasul-Nya.