Mencari Peluang Usaha di Era New Normal

Mencari Peluang Usaha di Era New Normal

Endah Sulistiowati

Usaha baru saat pandemi belum berakhir? Ah…yang bener. Sure! Karena nggak mungkin kan kita terpuruk terus-menerus. Di jaman yang serba kapitalis ini tidak ada yang akan menjamin hidup kita kalau bukan kita sendiri.

Tuh, bantuan dari pemerintah sangat minim, apalagi ribetnya minta ampun kalau mau ngurus. Ya kan? So kita harus eksis, apalagi jika ada anak istri/keluarga yang menunggu nafkah dari kita.


Nah gimana dong, apa lagi modal tipis banget. So, yang perlu dilakuin :

Pertama, pilih jualan aja alias berdagang. Kenapa? Karena berdagang akan membuka 9 pintu rizki, itu kata Rasulullah lho, bukan kata saya. Apalagi dunia online shop benar-benar lagi diatas angin. Bisa dong mencobanya.

Kedua, jadi reseller asik juga. Jadi tidak usah produksi sendiri ya. Tinggal kita jualin produk orang. Cari agen yang amanah, sehingga kita tidak mengecewakan customer kita.

Ketiga, sungguh-sungguh. Kenapa, karena dengan sungguh-sungguh Allah tahu bahwa kita layak diberikan rizki lewat jalan tersebut. Jangan pernah berniat main-main dengan usaha atau pekerjaan yang sudah kita pilih.

Keempat, bangun marketing langit. Dekatkan diri pada Sang Pemilik Rizki. Jangan lupa istiqomah bersedekah dalam kondisi lapang dan sempit.

Semoga bermanfaat. Semangat!!!