Manfaat Kunyit (Kunir)


Manfaat Kunyit (Kunir) Untuk Kesehatan

Healhty-sharia.com – Banyak yang mengakui kunyit adalah tanaman khas baik warna, aroma dan rasanya. Tak heran kalau masakan dengan bumbu kunir memiliki aroma dan rasa yang pekat, seperti Kari India dan nasi kuning.

Kunyit menyimpan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh penyembuh luka hingga masalah penyakit serius.

Kandungan Curcumin

Warna kuning pekat pada kunyit disebabkan adanya kandungan curcumin. Selain memberi warna kuning, curcumin merupakan bahan aktif yang memiliki efek anti peradangan kuat, sehingga mampu mencegah berbagai penyakit.

Bersifat Anti Peradangan

Senyawa anti peradangan sangat diperlukan untuk mencegah dan meredakan berbagai penyakit. Senyawa penting ini ditemukan terdapat pada kunyit.

Mengandung Antioksidan

Senyawa antioksidan mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan membantu produksi kolagen. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, melindungi tubuh dan kulit.

Menurunkan Risiko Penyakit Otak

Karena pengaruh hormon dalam otak yang bermasalah, seperti BDNF yang tidak normal, dapat menyebabkan berbagai penyakit otak. Beberapa di antaranya seperti depresi dan Alzheimer. Kandungan curcumin dalam kunir baik untuk menjaga keseimbangan hormon.

Mencegah Alzheimer

Salah satu penyakit otak yang umum ialah Alzheimer. Sayangnya, belum ditemukan obat untuk penyakit ini.

Yang bisa dilakukan ialah pencegahan, yaitu dengan menjaga kesehatan otak. Curcumin dalam kunyit sangat baik untuk pencegahan penyakit satu ini.

Obat Diare

Selain maag, diare juga umum terjadi. Dengan mengonsumsi kunyit ampuh untuk meredakan diare. Hal ini karena kunyit berfungsi mengurangi asam di dalam perut, dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berbagai masalah pencernaan dapat diatasi dengan kunyit. Kandungan antioksidan dan anti peradangannya, mampu mencegah peradangan dan kerusakan di organ pencernaan. Selain itu, kandungan curcumin juga ampuh untuk meningkatkan kinerja organ pencernaan.

Saat ini, untuk mempermudah sahabat mengkonsumsi kunyit atau kunir ini, maka sudah ada kunyit instan lho. Kunyit instan ini diproduksi oleh Jamu Instan Magandi. Jika mau order bisa langsung kirim wa.me//+6282336706559