Lebaran Jaga Tubuh Jangan “Lebaran”

Lebaran Jaga Tubuh Jangan “Lebaran”

Ramadhan telah berganti Syawal, itu berarti tempaan jiwa dan raga selama 30 hari telah selesai. Namun, bukan berarti kita terbebas melakukan apa saja setelah ini. Tempaan fisik dan iman selama Ramadhan harus tetap dipertahankan atau jika tidak, maka bersiaplah menjadi orang-orang yang merugi dan sia-sia.

Termasuk dalam hal ini adalah menjaga asupan yang kita konsumsi. Selama Ramadhan ada yang sukses meninggalkan rokok, ada yang berhasil menyeimbangkan berat badan, menormalkan asam urat, gula, maupun kolesterol. Ada pula yang berhasil sembuh dari penyakit tukak lambung, maag, dan masalah pencernaan lain ketika berpuasa Ramadhan. Nah, kondisi-kondisi ini harus bisa dipertahankan jika kita ingin hidup sehat lebih lama. Meskipun Allah-lah yang menentukan sehat-sakit dan hidup-mati, tapi setidaknya kita berikhtiar agar hidup sehat dan berkah. Karena bagaimana kita 5-10 tahun lagi ditentukan bagaimana pola hidup kita hari ini.

Makan dan minum adalah salah satu hajat hidup yang harus dipenuhi, jika tidak terpenuhi maka bisa menyebabkan manusia itu sakit bahkan menemui ajalnya. Disinilah yang perlu diberi garis bawah bahwa kita makan yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Bahkan dalam hal makan Rasulullah menyuruh kita makan ketikan lapar dan berhenti sebelum kenyang. Karena perut kita butuh sepertiga air, sepertiga makanan, dan sepertiga udara.

Untuk itulah ada beberapa hal yang harus diperhatikan disaat lebaran ini agar tubuh kita tidak semakin “lebaran”, yaitu:

Pertama. Mengurangi asupan kalori, karena jika terlalu banyak kalori yang masuk dalam tubuh kita padahal kita masih diharuskan #StayAtHome bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi. Tubuh pun akan melar kemana-mana dan akan mengundang banyak penyakit.

Kedua. Perbanyak makan sayur dan buah. Dengan menyeimbangkan asupan vitamin dan serat akan membuat badan kita segar dan sehat. Bahkan bisa kandungan vitamin C sangat membantu menjaga imunitas tubuh dan membuat kulit tampak bersih dan berseri lho.

Ketiga. Tetap minum air putih yang banyak. Tubuh kita mengandung hampir 90% cairan. Dengan mengkonsumsi banyak air membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Keempat. Istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur. Maka akan membuat tubuh kita akan selalu sehat.

Bagaimana? Pasti maukan lebaran tapi tubuh tidak ‘lebaran’.

Healthy-Sharia/EndahSulis1234

enliseksus0@gmail.com