Cita-cita Bapak

Cita-cita Bapak

Endah Sulistiowati
Dir. Muslimah Voice

November, diiringi rintik hujan yang mengguyur, memberikan selaksa kesejukan pada bumi, mengingatkanku pada untaian kata sarat makna yang penuh Cinta. November bulan unik yang cantik yang dinobatkan sebagai bulan milik Ayah/Bapak/Daddy/Rama apalah sebutan untuk laki-laki yang atasnyalah kita lahir di dunia.

Hmmm…. Bapak! Kata yang identik dengan laki-laki sepuh dengan 4 anak perempuan dan 14 cucu yang luar biasa. Usianya saat ini menginjak 73 tahun, usia yang sudah tidak bisa dibilang muda. Namun, dalam dirinya selalu ada semangat yang membara untuk mengarungi cita yang belum terwujud.

Dulu, saat kami masih sekolah, disaat teman sebayanya beli motor cantik, beli mobil, menghias rumah dengan segala ornamen, Bapak punya keinginan yang berbeda. Bapak bilang “Cita-citane Bapak, Bapak pingin omah iki dihiasi para Sarjana”. Cita-cita mulia yang sangat langka untuk seorang karyawan biasa seperti Bapak waktu itu.

Bapak rela mengundur kesenangannya untuk memiliki menantu, bahkan menimang cucu diusia paro bayanya. Bahkan saat pensiun menyapa belum satupun putri Bapak yang menikah. Karena putri-putri Bapak masih harus bertugas, putri Bapak masih ada tugas dakwah.

Namun, Bapak tidak usah khawatir. Bapak telah berhasil! Satu per satu putri Bapak telah meraih gelar sarjana. Bapak berhasil mewujudkannya. Lihatlah Pak, nilainya pun sangat istimewa.

Endah Sulistiowati:
Lebih istimewa lagi, putri-putri Bapak tidak hanya semata-mata menjadi sarjana. Lebih dari itu, mereka tengah meniti jalan sebagaimana jalan yang di ajarkan Rasulullah. Mereka turut berdakwah, Pak!

Ketika satu dari cita-cita Bapak telah tercapai, ijinkanlah kami meringankan beban Bapak, bahagialah Bapak! Meskipun apa yang kami lakukan tidak akan pernah mampu menggantikan apa yang telah Bapak lakukan untuk kami.

Bapak, we love you, Cinta kami untukmu tak kan pernah lekang oleh jarak dan waktu. Semoga disisa usia Bapak, jika masih ada cita-cita yang masih tertunda, kami bisa membantu mewujudkannya.