Cari Tahu Pohon Bidara Yuuuk…

5+ Jenis Pohon Bidara dan Karakteristik Daun yang Wajib Anda ketahui

Cari Tahu Pohon Bidara Yuuuk…

Endah Sulistiowati

Pohon Bidara ini termasuk  pohon yang ada di dunia dan ada di akhirat lho. Pohon Bidara bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 meter dengan ranting yang banyak. Oya, batang pohon Bidara ini memiliki duri. Daunnya berbentuk oval dengan permukaan yang halus.

Pohon Bidara umumnya tumbuh ditempat kering. Nah, menanam pohon bidara ini cukup mudah. Insya Allh bisa dengan stek batang, dengan cara menanam potongan batangnya, ataupun dengan menanam bijinya. Saat ini tibun nabawi (pengobatan cara Nabi) ataupun gerakan back to nature sangat digemari, sehingga pohon Bidara juga sangat familiar di masyarakat, bahkan jual beli pohon bidara ini cukup diminati.

Pohon Bidara istimewa, karena pohon Bidara salah satu tumbuhan yang disebut dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist.  

Allah Ta’ala berfirman :

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon Bidara yang tidak berduri.” (TQS. Al Waqiah: 27 – 28)

Golongan kanan ini adalah orang-orang yang akan masuk surga. Di akhirat kelak mereka berada di antara pohon Bidara yang tidak berduri. Para ulama tafsir menjelaskan bahwa pohon Bidara tersebut adalah pohon Bidara yang telah dipotong durinya.

Sedangkan dalam Hadist:

Dari Qosim bin ‘Ashim radhiyallahu’anhu “Sesungguhnya beliau masuk Islam, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun bidara.” (HR. An Nasai no. 188, At Tirmidzi no 605, Ahma 5/61. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shahih).

Hadist lain menjelaskan tentang perintah dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam kepada Ummu ‘Athiyyah dan kepada wanita yang melayat untuk memandikan anaknya yang meninggal dengan daun Bidara.

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air  yang dicampur dengan daun Bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus (wewangian).” (HR. Bukhari no 1253 dan Muslim no 939).

Manfaat Daun Bidara

Daun Bidara banyak sekali manfaatnya. Salah satu khasiat yang pernah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam sebutkan adalah bahwa daun Bidara dapat digunakan menghilangkan pengaruh sihir dari seseorang. Manfaat lainnya bisa digunakan untuk memandikan jenazah, menyembuhkan luka, meningkatkan nafsu makan, mengatasi demam dan banyak lagi.

Subhanallah, tidak ada dimuka bumi ini yang Allah ciptakan sia-sia. Semakin tahu rahasian alam semoga semakin memacu kita untuk terus belajar dan juga semakin meningkatkan iman kita kepada Allah.

HealthySharia/endahsulis1234

enliseksus0@gmail.com