Bawang Putih, Si Ratu Dapur

fresh organic onions and garlic in square pot

Bawang Putih, Si Ratu Dapur

(Ensiklopedia Nama Tanaman yang Ada Dalam Al-Qur’an)

Endah Sulistiowati

Hmm, siapa yang tidak mengenal bawang putih? Bawang putih ini memang layak disebut sebagai Ratu Dapur. Why? Coba hitung dengan jari, jenis masakan pokok apa di nusantara ini yang tidak menggunakan bawang putih sebagai bumbu utamanya? Ada berapa?

Bawang putih mudah sekali dikenali dari bau dan umbinya. Rasanya pun khas di lidah para pemujanya. Bawang putih ini mudah ditemukan di negara manapun, sehingga sering kali harga bawang putih tiba-tiba melambung tinggi jika stok di suatu daerah menipis.

Bumbu masak yang berupa umbi berwarna putih ini memiliki nama Latin Allium sativum. Sudah sejak 7.000 tahun lalu dikenal di Asia Tengah. Kemudian menyebar hingga ke Eropa. Selain dikenal sebagai bumbu yang memberi aroma wangi pada masakan, bawang putih memiliki kandungan yang memberi khasiat sehat pada tubuh manusia.

Bawang putih sejak dulu bermanfaat untuk kesehatan. Antara lain : menurunkan kolesterol, mengatasi dan mencegah pilek, menjaga kesehatan jantung, baik untuk memperbaiki saluran pencernaan, mencegah kanker, dan membantu menyehatkan gigi dan mulut.

Subhanallah, banyak ya kegunaan dari bawang putih ini. Bahkan bawang putih ini sudah ada sejak masa Nabi-nabi lho. Bahkan ada hadist Nabi Muhammad Sholallahu ‘alaihi wassalam tentang khasiat bawang putih ini.

“Makanlah bawang putih dan berobatlah (dengan menggunakan)-nya, karena sesungguhnya di dalamnya terkandung obat (peyembuh) dari tujuh puluh macam penyakit.” (HR. Ad-Dailami)

Sedangkan dalam Al-Qur’an, bawang putih disebut bersama bawang merah, mentimun, dan kacang adas.

“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya.” (Q.S Al Baqarah Ayat: 61).

Subhanallah, luar biasa kan bawang putih ini. Selain bisa menyedapkan setiap masakan, bawang putih juga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hmmm, semoga hal ini semakin membuat kita ingin terus belajar tentang ciptaan Allah yang lain.

enliseksus0@gmail.com