Apa Sih Pentingnya Ikut Challenge

Apa Sih Pentingnya Ikut Challenge

Endah Sulistiowati
Dir. Muslimah Voice

Healthy-sharia.com – Challenge menurut Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia, arti kata challenge adalah kata dalam bahasa inggris yang artinya tantangan. Arti lainnya dari challenge adalah kata dalam bahasa inggris yang artinya penolakan.

Dalam tulisan ini saya ambil pengertian challenge yang berarti tantangan. Di dunia literasi dan komunitas menulis banyak sekali challenge. Mulai dari menulis tanpa jeda 30 hari, 60 hari, bahkan ada yang 90 hari. Pun ada challenge dengan tema tertentu atau bentuk tulisan tertentu. Semua suka-suka penyelenggara challenge.

Sebagai penulis tentu dengan adanya challenge ini semakin tertantang untuk mengikuti dan mengasah kemampuan menulis, apalagi jika dipadu dengan penulis-penulis lintas genre, tentu tantangan untuk menaklukkan semakin berat.

Begitupun saya (penulis) dalam mengikuti challenge kepenulisan, tidak akan mematok harapan tinggi selain menulis untuk menebar manfaat dan menjaring Ridho Allah Ta’ala. Karena bagaimapun menulis adalah bagian dari hidup saya.

Dirumah kerjaannya hanya nulis aja ya? Ha ha ha, pertanyaan keren. Kalau menuruti kesibukan sebagai ibu dari 3 bocil, produsen jamu instan, pedagang online, pengelola beberapa web, aktivis dakwah yang hampir tiap hari ada jadwal kajian, tentunya hampir tidak ada waktu untuk menulis. Ya kan! Sempat dan tidak sempat itu adalah kita yang mengaturnya. Mampu mengikuti challenge atau tidak kita pula yang bisa menentukan, yang lain hanyalah faktor ketentuan dari Allah SWT.

So bagi saya, mengikuti challenge adalah suatu bentuk keikutsertaan meramaikan dunia kepenulisan hatta sebagai bentuk dakwah di dunia maya. Termasuk challenge terakhir yang saya ikuti di akhir tahun 2020, yang diselenggarakan oleh MA Nubar Area Sumatra Mbak Emmy Herlina, di anniversary ke 11. Atas kuasa Allah yang menggerakkan Mbak Emmy untuk memilih tulisan saya sebagai pemenang. Allahu Akbar. “Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kamu dustakan”.

TerusMenulisHinggaAllahMemanggilPulang

.
.
NB. Dua buah buku itu adalah hadiah challenge
.